MENGENAL PILOT
Kalau
barusan kita udah membahas tentang sekolah pilot, sekarang kita bahas tentang
pilotnya gan
, pertama kita liat dari syarat-syarat wajib seorang pilot

1. SYARAT PILOT
1.) Untuk flying school seperti STPI
Curug,Penerbangan Militer biasanya hanya menerima lulusan SMU, Tapi mulai tahun
2002 STPI curug menerima lulusan SMK,MTS,dan tingkatannya, sedangkan untuk
flying school swasta dan beasiswa pilot biasanya menerima lulusan setingkat SMU
(SMK,MTS)
2.) biasanya akan menargetkan minim
panjang kaki dari pangkal paha 100cm
3.) harus lulus tes kesehatan meliputi
jantung,mata dll.
4.) Harus lulus test bahasa inggris
yang diadakan flying school tersebut.(bahasa inggris sangat menentukan)
5.) Pengetahuan umum Penerbangan.
6.) Cepat dalam berkalkulasi matematik
dan fisika.
7.) Biasanya bila sudah lulus semua
persyaratan diatas,calon siswa akan diajak terbang oleh instruktur untuk
mengetahui takut tidaknya siswa akan ketinggian dan juga syaraf motorik
siswa,serta tanggapnya siswa akan persoalan yang biasa diberikan instruktur
kepada calon penerbang. Test tersebut biasa disebut (altitude test).
SIM PILOT
Sebelumnya
kita pernah ngebahas kan tentang CPL, PPL, dsb. Gimana agan udah pada tau belum
itu singkatan dari apa???, pastinya penasaran bukan?. Sekarang ane jelasin apa
maksud dari singkatan-singkatan tersebut gan.
Seperti
halnya profesi lain, pilot juga mempunyai beberapa tingkatan ijin. Ini terkait
dengan kemampuan dan jam terbang pilot bersangkutan. Secara umum lisensi pilot
terdiri dari PPL, CPL, ATPL.
PPL (Private Pilot License)
PPL adalah lisensi paling dasar bagi
pilot. Pemegang lisensi ini diperkenankan menerbangkan pesawat untuk
kepentingan sendiri dan tidak diperbolehkan membawa penumpang dan dibatasi pada
pesawat bermesin tunggal. Selain itu pilot yang hanya mempunyai lisensi PPL
hanya diperkenankan terbang pada siang hari dan tidak terbang untuk dibayar
(non komersial). Di Indonesia PPL mensyaratkan jam terbang sejumlah 60 jam
terbang.
CPL (Commercial Pilot License)
Pemegang lisensi CPL diperkenankan
menerbangkan pesawat bermesin tunggal, diperkenankan membawa penumpang
(berbayar atau tidak) dan diperkenankan untuk penerbangan komersial tanpa kru
(sebatas pada penerbangan baliho, penyemprotan kebun, pemadaman api, pesawat
sewaan, laporan lalulintas, pemotretan udara bahkan instruktur terbang). Selain
itu juga diperkenankan untuk terbang pada malam hari. CPL adalah syarat minimal
pilot komersial. Di Indonesia CPL mensyaratkan 200 jam terbang.
ATPL (Airline Transport Pilot License)
ATPL adalah tingkatan tertinggi
kemampuan pilot. ATPL disyaratkan untuk pilot yang bekerja di airline dengan
penerbangan terjadwal. Pilot pemegang lisensi ini juga diperkenankan
menerbangkan pesawat dengan kru (dua kru atau lebih), pesawat dengan
penumpang/kargo besar. ATPL mensyaratkan 1500 jam terbang. Selain lisensi,
seorang pilot biasanya juga memiliki sertifikat rating untuk menunjukkan
kualifikasi tertentu yang dimiliki pilot bersangkutan. Rating ini meliputi ME,
IR, dan rating untuk tipe pesawat. Kualifikasi
ME (Multi Engine)
kualifikasi lisensi ini diperlukan jika pilot
akan menerbangkan pesawat dengan mesin ganda.
IR (Instrument Rating)
kualifikasi diperlukan pada
penerbangan malam atau penerbangan ada jalur IFR (Instrument Flight Rule).
Jalur IFR adalah jalur penerbangan yang tidak bisa dilakukan dengan navigasi
visual (misalnya penerbangan lintas samudra), melainkan dengan bantuan beacon
radio di darat. Sedangkan pada penerbangan visual atau dikenal dengan
VFR(Visual Flight Rule)
pilot bisa mengandalkan gunung, danau,
sungai, gedung sebagai bantuan navigasinya. Masih ada Type Rating, yaitu
kualifikasi khusus untuk menerbangkan jenis pesawat tertentu. Misalnya pilot
yang biasa menerbangkan pesawat keluaran airbus (seri A340-200, 300, 500, 600)
harus meratifikasi lagi kualifikasinya jika akan menerbangkan pesawat Boeng
meski seri 737-200. Jadi menjadi seorang pilot tidak bisa dengan cara yang
cepat dan gampang. Kualifikasi dan kemampuan yang tinggi tetap diperlukan.
2. HAL-HAL YANG
DIPERHATIKAN CALON PILOT
Untuk menjadi seorang penerbang/pilot
tidak segampang seperti yang kita bayangkan,karena kita menempuh banyak license
untuk menerbangkan pesawat berpenumpang dan juga harus sesuai type Rating pesawat
yang ingin kita kendarai.
Hal yang perlu diperhatikan bila kita
sudah memutuskan untuk menjadi seorang pilot adalah :
1.) Kita harus menentukan setelah
lulus SMU atau setingkat SMA lainnya SMK dll,sesuaikanlah kemampuan anda
terhadap jalan yang anda akan lalui untuk mengambil PPL (Private pilot license)
dalam artian sesuai kemampuan cost dan kemampuan kesehatan anda.
Bila agan memang tidak siap dalam cost
agan dapat mencoba ikut beasiswa sekolah pilot yang banyak diadakan oleh
maskapai penerbangan indonesia atau penerbangan militer,gratis (dengan catatan
peserta yang banyak dan test yang ketat)
Bila agan mempunyai cost tapi tidak
banyak, agan dapat mencoba mendaftar di STPI Curug dulu PLP curug (dengan
catatan test yang ketat dan peserta yang banyak)
2.) Bila agan mempunyai cost agan
dapat memilih sekolah penerbang di indonesia atau diluar Negri biasanya dalam
test tidak serumit sekolah penerbang yang gratis dan berbiaya kecil. Kalo menurut
ane neh ya mendingan sekolah di luar negri karena bisa sekalian part time,kerja
diluar jam sekolah pilot.
3) Siapin fisik agan dan terus
pelajarin cara cepat berkalkulasi matematik dan fisika,dan yang tidak kalah
penting adalah bahasa inggris.
3. APAKAH SUSAH
UNTUK JADI SEORANG PILOT
Terbang Melayang layang mengawaki
pesawat cessna-150 dari ketinggian 7500 kaki bagi sebagian orang adalah peristiwa
menguatirkan,namun bagi para pencinta dirgantara, berada di bawah awan putih
berpaut dengan gumpalan langit biru bebas,merupakan posisi terindah menikmati
pemandangan kota dan alam sekitarnya. Jika sebelumnya hanya mereka yang lulus
seleksi sebagai penerbang di pusat pelatihan penerbangan PLP CURUG sekarang
STPI CURUG saja yang boleh mengawaki pesawat ,sekarang pencinta dirgantara pun
beroleh kesempatan serupa di deraya flying school di Halim Perdana Kusumah
jakarta timur.
Setelah
mendartarkan diri calon siswa akan di tes terbang terlebih dahulu.Dalam artian
seorang calon siswa akan di ajak terbang oleh seorang instruktur,untuk
menentukan dia berbakat atau tidak dan bisa tidaknya calon siswa mengatasi
ketakutan atas ketinggian dan fungsi syaraf motoriknya.jika pada tes pertama
gagal calon akan dinyatakan gugur & itupun klo siswa telah lulus test
kesehatan bhs inggris dan bayar uang administrasi.
Deraya
flying school sendiri bertujuan menuntun agar siswa menjadi penerbang profesional,
walaupun sekolah ini berprinsip semua orang bisa menjadi penerbang. Persyaratan
yang mesti di penuhi pun tidak termasuk sulit,selain warga negara indonesia dan
berijasah setingkat SMA dan juga menerima lulusan S1, insinyur dan juga yang
pernah bekerja, serta harus lulus tes kesehatan yang meliputi tes mata, jantung
dan bahasa inggris,panjang kaki minimal harus100cm
.

Sekali
lagi bahasa inggris berperan penting dalam kelulusan test sebagai seorang
penerbang,walaupun dalam penyampaian belajar menggunakan bahasa ind tapi semua
buku pelajaran menggunakan bahasa inggris dan dalam komunikasi antara pilot dan
penjaga menara (tower guard) di seluruh dunia menggunakan bahasa inggris
apalagi semua instrument di cockpit pun tidak ada yg menggunakan bahasa
indonesia.
Untuk
siswa yang sudah lulus DFS menyiapkan pesawat latih jenis cessna 150,cessna 172,cessna
206 dan 402......... dan sebagai gambaran biaya sekolah disini 1,2 juta per jam
total waktu yang dibutuhkan sampai komplit 150 jam jadi total biaya yang keluar
180 jt.
Tetapi
bila anda ingin menjadi penerbang dengan cost yang minim atau mungkin tanpa
cost anda dapat test di STPI curug,dan test di perusahaan penerbangan yang
ingin membiayai untuk sekolah penerbang (pilot) dengan catatan test yang agak
sulit...????? Tapi jangan khawatir banyak perusahaan penerbangan di indonesia
yang mengadakan test buat sekolah penerbang
gratis,walaupun banyak yang mendaftar mungkin ribuan orang,tapi mencoba
tidak ada salahnya.
Karena
kita sudah mempunyai basic tentang pengetahuan penerbangan,dan kebanyakan para
peserta test kalah dalam test bahasa inggris dan pengetahuan dunia penerbangan,Makanya
pesan ane, Bahasa inggris itu benar-benar sangat penting buat kalian,dan klo
bisa ikuti bimbingan test bahasa inggris di luar jam sekolah.walaupun di
sekolah kita bisa 4 jam belajar bahasa inggris. Tahun Terakhir ini perusahaan
Penerbangan yang mengadakan test sekolah penerbang gratis adalah >Lion
Air,Adam air,Garuda indonesia,Sriwijaya air.
0 komentar:
Posting Komentar